Tips Mendesain Rumah Mungil Agar Terlihat Luas Dan Lapang

Salah satu permasalahan masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan dan padat penduduk adalah mengenai masalah tempat tinggal. Karena kurangnya lahan pemukiman dan harga rumah yang meningkat, tak heran membuat banyak orang memilih rumah mungil yang sesuai budget. Mungkin tidak masalah bagi anda yang masih single atau masih memulai sebuah keluarga untuk memiliki rumah yang berukuran mungil.

Namun memiliki rumah yang berukuran kecil dapat menyebabkan masalah tersendiri jika tidak ditata dengan baik. membuat rumah yang sudah berukuran sempit akan tampak semakin sesak saat anda tidak cermat menata interior yang ada di dalamnya. Sebenarnya untuk menata desain rumah mungil agar tampak luas bisa anda wujudkan. Namun tetap saja, anda harus perhatikan faktor-faktor kenyamanan dalam rumah. ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk menata rumah yang kecil sehingga tampak luas dan lapang, seperti penjelasan di bawah ini.

Gunakan Warna-Warna Cerah Pada Dinding Ruangan

Mungkin trik yang satu ini sudah sangat sering digunakan untuk memanipulasi ruangan yang mungil agar tampak luas. Warna-warna cat yang cerah dalam sebuah ruangan atau rumah kecil dapat memberikan kesan yang lebih lapang dan luas. Dan memang benar, cara ini bekerja dengan sangat efektif untuk rumah yang mungil. Meskipun cat berwarna gelap membuat ruangan terasa nyaman. Namun ini juga akan menyerap cahaya, bukannya memantulkannya dan membuat ruangan jadi terasa lebih kecil. Bahkan desain interior dan ahli arsitektur banyak yang merekomendasikan cat putih dan warna cerah lainnya diaplikasikan pada rumah mungil.

Penggunaan warna yang cerah, membuat rumah mungil minimalis anda jadi lebih segar, terang dan lapang. Anda bisa menggunakan warna-warna yang entral maupun warna muda pastel sebagai pilihannya. Aplikasi warna terang ini tak hanya bisa digunakan untuk dinding ruangan saja. Namun juga dapat digunakan pada jendea, lantai, ceiling, maupun interior ruangan. Untuk interior ruangan, anda bisa memilih meja, sofa, tirai, lukisan, karpet, dan lainnya untuk pendukung dekorasi. Tak masalah jika anda menggunakan sedikit warna-warna tua di dalamnya, asalkan tidak menjadi warna yang mendominasi.

Gunakan Lantai Berpola Strip

Untuk mendukung agar ruangan dalam rumah jadi lebih lapang dan luas, maka gunakan lantai dengan pola strip. Pola strip bisa membuat ilusi seakan ruangan di dalam rumah jadi lebih lapang. Jika ruangan yang ada di rumah mungil anda lebih lebar, maka gunakan cat lantai atau karpet yang berpola vertikal. Sehingga memberikan efek ruangan yang menjadi lebih panjang.

Buat Desain Pintu Dan Jendela Berukuran Besar

Kehadiran pintu dan jendela yang besar di dalam rumah tak hanya akan memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. namun juga akan memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih terang dan juga besar. Selain itu, ukuran jendela dan pintu yang besar juga akan menguntungkan sirkulasi udara di dalam ruangan yang lebih maksimal. Dan tentu saja ini akan membuat udara di dalam rumah jadi lebih sehat untuk anggota keluarga. Untuk elemen yang digunakan, akan lebih direkomendasikan menggunakan kaca bending untuk pintu dan jendela. Sehingga menghindarkan kesan yang sempit serta pengab di dalam ruangan.

Hilangkan Pintu Dan Sekat Dalam Rumah Mungil

Yang dimaksud dengan menghilangkan pintu disini bukanlah pintu utama pada rumah mungil minimalis. Namun pintu pemisah yang sering digunakan pembatas antara satu ruangan dan ruangan lainnya. Misalnya saja jika anda menggunakan pintu pembatas untuk ruang makan dan keluarga. Maka akan lebih baik untuk sekat ruangan.

Namun jangan sampai menggunakan sekat terlalu banyak yang malah semakin membatasi gerak dalam ruangan yang sudah sempit. saat ini ada banyak inovasi pengganti sekat ruangan yang bisa digunakan. Seperti penggunaan pembatas berbahan kayu, bamboo, atau anyaman yang sekaligus bisa menjadi hiasan pot bunga. Anda juga bisa menggunakan karpet yang memiliki warna berbeda untuk membedakan antara fungsi ruangan satu sama lainnya. Selain itu, bisa pula dengan menggunakan perbedaan ketinggian ceiling atau lantai untuk membedakan ruangan.

Jangan Tempatkan Furniture Menempel Pada Dinding

Mungkin sudah jadi kebiasaan banyak orang yang menempelkan furniture di dalam rumah pada dinding. Banyak yang menganggapnya jika ini menjadi metode untuk meluaskan ruangan yang mungil. Namun hal ini tak sepenuhnya benar. Jika anda mempunyai sofa dalam ruangan tamu yang mungil, maka geser sofa sedikit dari dinding untuk memberikan celah bernafas. Jadi saat ada chaya masuk, membuat bayangan dari sofa tersebut muncul. Dan inilah yang menciptakan ilusi ruangan jadi lebih besar.

Gunakan Furniture Multifungsi Pada Rumah Mungil

Tips untuk mengatasi permasalahan rumah yang mungil agar tampak luas adalah dengan menggunakan furniture yang multifungsi. Permasalahan yang ada di dalam rumah mungil minimalis adalah tidak cukupnya tempat penyimpanan barang. Karena itulah menggunakan furniture yang multifungsi sangatlah direkomendasikan. Misalnya saja untuk tempat tidur, anda bisa membuatkan lemari tambahan di bawahnya. Ini bisa anda jadikan untuk tempat menyimpan bed cover, selimut, dan lainnya.

Atau pada bagian atas lemari pakaian, bisa anda buatkan ruangan atau rak tambahan untuk menyimpan koper maupun travelling bag. Dengan begitu, anda tidak menggunakan banyak furniture namun tetap bisa menyimpan barang-barang dengan baik dan rapi. Dan tentu saja ini tidak akan membuat rumah minimalis anda jadi terlihat sesak.

Tidak Masalah Jika Ingin Menggunakan Furniture Besar

Menggunakan furniture besar dalam desain rumah mungil bukan sebuah masalah. Asalkan anda bisa memilih yang tepat dan tidak membuat ruangan jadi tambah sesak. Anda bisa memilih furniture besar dengan pemilihan warna-warna yang cerah. Selain itu, untuk penempatannya pun juga perlu diperhatikan. Misalnya di ruangan keluarga, anda bisa menggunakan furniture besar seperti sofa mengingat hal ini sesuai dengan kebutuhan fungsinya. Untuk menata rumah yang kecil agar tampak luas sebenarnya susah-susah gampang. Yang paling penting adalah anda perlu mempeharikan keseimbangan penggunaan furniture dengan ukuran ruangan.

Aplikasikan Cermin Ukuran Besar Pada Ruangan Rumah Mungil

Ini adalah trik ilusi yang sering digunakan untuk memberikan kesan yang luas pada ruangan dalam rumah mungil 2 lantai. Anda bisa menggunakan cermin berukuran besar dan tempatkan pada sudut strategis yang ada di ruangan. Cara ini sangat efektif untuk membuat kesan yang luas di dalam ruangan kecil. Jika memungkinkan, anda dapat menempatkan posisinya agar berseberangan dengan jendela ruangan yang menghadap keluar. Dengan begitu, seolah-olah akan menciptakan ilusi jika ruangan memiliki 2 sisi jendela. Dan otomatis membuat ruangan jadi lebih luas dan lapang. Pilih jenis cermin dengan warna yang senada dengan ruangan. Untuk pemilihan modelnya juga harus disesuaikan dengan interiornya. Jika menggunakan konsep modern, anda bisa memilih cermin yang simple dan minimalis. Namun jika anda menggunakan konsep klasik, gunakan model cermin yang berdesain vintage.

Bukanlah hal yang sulit untuk mendesain rumah mungil minimalis agar tampak luas dan lapang. Yang terpenting anda mengetahui cara-cara yang tepat. Seperti tips-tips diatas bisa anda aplikasikan untuk menciptakan ilusi yang lebih luas di dalam rumah kecil anda.