Unsur-Unsur Dalam Interior Bentuk Rumah Minimalis

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-21.jpg

Kata hunian minimalis kini memang sering dipilih oleh masyarakat sebagai desain dari rumah mereka. Istilah minimalis merujuk kepada sebuah bangunan dengan menerapkan trend atau gaya arsitektur masa kini. Pada dasarnya, rumah minimalis lebih mengedepankan funsgional dan efisiensi namun tetap mampu memenuhi kebutuhan penghuninya. Hunian minimalis memang sangat cocok diterapkan di kawasan perkotaan dengan lahan yang terbatas. Mengingat rumah-rumah minimalis bisa memaksimalkan lahan yang sempit menjadi sebuah hunian yang nyaman ditempati. Dan konsep hunian minimalis juga bisa dipadupadankan dengan gaya arsitektur lainnya yang membuatnya tampil menarik. Namun masih banyak orang yang belum terlalu paham mengenai konsep dan bentuk rumah minimalis. Jika anda ingin mengusung konsep rumah minimalis ke dalam hunian anda,pastikan jika hal-hal di bawah ini masuk ke dalam hunian minimalis anda.

1. Ciri Khas Bentuk Rumah Minimalis

Ketika ingin menggunakan konsep hunian minimalis ke dalam rumah anda, maka yang perlu anda pahami disini adalah bagaimana ciri khas dari bentuk rumah minimalis. Ciri khas konsep minimalis adalah mengikuti bentuk dasar (kotak), polos tanpa ada ornamen, serta maksimal 2 kombinasi material.

Yang ditekankan dalam arsitektur minimalis disini adalah “membuang” hal agar bisa mencapai sesuatu yang bernilai sederhana. Meskipun begitu, bangunan yang dihasilkan tetap memiliki kualitas tinggi. Detailnya rapi dan presisi, dan itu bisa terlihat di segala sudut ruangan di dalam rumah.

2. Arsitektur Sederhana

Kesederhanaan dalam aristektur rumah minimalis, juga dapat dilihat dari bentuk rumah sederhana secara keseluruhan. Jika dilihat dari luar bangunan, rumah minimalis cenderung mempunyai bentuk geometris, yaitu bentuk kubus atau persegi panjang. Untuk bagian atap juga tidak berbentuk segitiga namun berbentuk datar. Arsitektur minimalis juga didukung dengan unsur penggunaan material yang sederhana dan mudah ditemukan. Umumnya batu bata yang digunakan untuk pembangunan dinding rumah. Sedangkan keramik atau kayu digunakan untuk bahan desain lantai rumah. Beberapa rumah minimalis juga ada yang menggunakan material lainnya seperti beton, kaca, dan baja. Material bangunan yang mudah ditemukan seperti inilah yang menjadi daya tarik tersendiri serta menajdi sifat yang ditonjolkan dari material tersebut.

3. Denah yang sesuai fungsi

Konsep bentuk rumah yang minimalis tidak hanya karena bentuknya yang sederhana saja. Namun juga mempunyai bentuk bangunan yang harus disesuaikan dengan fungsinya. Tanpa penambahan banyak ornamen-ornamen di dalamnya. Denah rumah minimalis yang dibuat dapat memaksimalkan area tersebut sebaik mungkin agar sesuai kebutuhan pemilik rumah. Jadi intinya, dalam hunian minimalis tidak terdapat bagian yang tidak dibutuhkan oleh penghuni rumah.

4. Tanpa Banyak Dinding Pembatas

bentuk rumah tanpa dinding pembatas

Bentuk rumah sederhana tapi elegan ini biasanya tidak mempunyai dinding pembatas. Misalnya antara ruang makan dan dapur atau ruangn keluarga dan ruang makan. Biasanya ruang-ruang tersebut hanya dipisahkan dengan partisi seperti meja atau rak. Tidak ada dinding pembatas permanen, sehingga membuat bagian dalam rumah terlihat lebih luas, terang dan juga nyaman. Namun untuk ruangan yang membutuhkan privasi lebih, tetap membutuhkan dinding pembatas. Seperti kamar tidur, kamar, mandi, bahkan gudang sekalipun.

5. Desain Interior Bentuk Rumah Minimalis Lapang

Berlanjut ke desain interior, hunian minimalis bisa dikatakan sebagai tipe hunian yang lebih mengutamakan fungsi. Ruangan yang ada di dalam hunian minimalis umumnya tak memiliki banyak dinding pembatas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sehingga tanpa adanya dinding pembatas, bagian dalam rumah jauh terlihat lebih luas dan nyaman. Anda bisa menggunakan pilihan jendela besar sehingga memudahkan sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah. Pemilihan furniture yang ada di dalam rumah juga apa adanya dan sederhana. Misalnya saja, untuk ruang keluarga cukup menempatkan sofa, meja kopi, atau mungkin tambahan rak pajangan. Karena dalam arsitektur rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi.

7. Pemilihan 3 Warna

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-20.jpg

Pemilihan warna juga sangat mendukung bentuk rumah minimalis. Warna pada dinding, keramik, maupun furniture sangat mempengaruhi desain interior. Biasanya dalam hunian minimalis lebih menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu dengan kombinasi dekorasi berwarna cerah. Ketiga warna ini memang paling sering mendominasi hunian minimalis maupun modern. Warna-warna monokrom akan membuat hunian minimalis anda tampil bersih, sederhana, namun tetap terlihat elegan. Anda masih bisa menggunakan warna selain ketiga warna tersebut, namun hanya dijadikan akses pemanis desain interior agar tampilannya tidak monoton. Untuk penempatan warna putih, hitam, maupun abu-abu bisa anda terapkan di bagian lantai, dinding, furniture, dekorasi, hingga peralatan makan. Jadi tidak salah jika ketiga warna ini menjadi unsur penting dalam hunian minimalis.

8. Dekorasi Yang Simple

bentuk rumah simple

Less is more, mungkin ini kata yang tepat dalam menggambarkan bentuk rumah yang simple dan minimalis. Jadi untuk ide dekorasi ataupun interior dalam rumah minimalis memang benar-benar mefokuskan kesederhanaan. Selain karena suasana yang menyenangkan karena tak perlu banyak furniture yang ditempatkan di dalam ruangan. Pemilik rumah pun juga tak perlu mengeluarkan banyak biaya lebih untuk mendekorasi ruangan dengan berbagai barang. Point penting dalam mendekorasi hunian minimalis ini adalah tentang spacious room yang memiliki furniture serta detail yang tidak berlebihan. Hanya berfokus pada penggunaan warna-warna natural ataupun pastel serta memainkan beberapa tekstur sehingga dapat menghidupkan suasana.

9. Meskipun Bentuk Rumah Minimalis, Taman Harus Ada

Meskipun konsep yang anda pasang adalah hunian minimalis, bukan berarti jika tidak terdapat taman di dalam rumah tersebut. Dan tentu saja konsep yang dipasang adalah taman yang simple dan sederhana. Agar bisa seimbang dengan luas rumah, biasanya taman rumah minimalis tak dipenuhi dengan banyak pohon yang berukuran besar. Mengingat tak sedikit taman minimalis berada di lahan yang sempit. Cukup tutupi bagian tanah dengan rerumputan atau bebatuan kecil sehingga terlihat rapi. Jenis tanaman yang bisa digunakan bisa jenis tanaman merambat ataupun tanaman hijau yang berukuran sedang. Sangat sedikit pemilik hunian minimalis yang menanam bunga dengan warna mencolok. Biasanya untuk dekorasi tambahan bisa diletakkan air mancur di taman rumah.

10. Pencahayaan Yang Berkualitas

bentuk rumah modern

Untuk mendesain bentuk rumah minimalis, penataan cahaya di dalam rumah sangatlah penting. Terutama dalam membuat suasana di dalam rumah jadi terasa lebih santai dan nyaman. Bagaimana caranya? Pastikan pencahayaan di dalam ruangan cukup dan berkualitas. Baik pencahayaan alami maupun buatan sama-sama penting diperhatikannya. Sehingga mampu memberikan desain hunian minimalis yang nyaman ditempati para penghuninya. Namun pencahayaan alami menjadi hal utama yang patut untuk diperhatikan. Anda bisa memilih jenis jendela yang bisa dibuka dan tutup sehingga memudahkan sirkulasi udara maupun cahaya di dalam ruangan. Selain itu pemasangan jendela ataupun pintu yang terbaik juga akan menghadirkan sirkulasi yang pas untuk mengatur tingkat kelembapan di dalam rumah. Tentunya ini akan memperpanjang usia interior di rumah anda sendiri.

10 unsur diatas rasanya yang patut diperhatikan ketika anda ingin menghadirkan konsep minimalis di dalam rumah. Bukan hanya soal sederhana, namun bagaimana bisa menyulap hal yang biasa menjadi hal yang menarik untuk hunian anda.