Tips Renovasi Ruang Baca agar Sempurna

6 Ide Ruang Baca yang Bikin Kamu Nggak Mau Lepas dari Buku

Tips Renovasi Ruang Baca agar Sempurna – Bagi para pecinta buku dan juga rutin untuk membaca buku. Anda pasti membutuhkan ruang baca di dalam rumah. Sehingga kegiatan atau hobi membaca buku, menjadi lebih nyaman. Selain itu ruang baca ini juga seringkali dimanfaatkan untuk tempat belajar anak-anak ataupun meletakkan koleksi buku yang anda miliki.

Untuk beberapa orang yang sudah memiliki ruang baca namun terkesan membosankan atau merenovasinya. Perhatikan dulu beberapa poin berikut ini, agar anda bisa merubah ruang baca yang tadinya biasa saja menjadi ruang yang baru. Tentu saja lebih unik dan berbeda apa saja tips yang harus dilakukan.

Gunakan Furniture Lengkap

8 Desain Ruang Baca yang Super Nyaman - ARSITAG

Hal pertama yang harus dilakukan, jika ingin mengubah ruang baca menjadi lebih cantik dan lebih unik lagi. Dengan menggunakan furniture lengkap yang dapat mendukung penampilan ruang baca yang anda miliki.

Saat ingin menggunakan ruang baca di rumah dan memanfaatkan ruangan tersebut, gunakan furniture ataupun perabotan secara lengkap. Ada beberapa perabotan yang bisa dimanfaatkan, misalnya saja rak buku yang besar. Minimal rak buku tersebut bisa menampung kebutuhan atau koleksi yang anda miliki agar rapih.

Selanjutnya adalah karpet dan juga sofa untuk membaca. Semakin banyak kursi dan sofa maka semakin besar ruangan yang dimiliki. Tetapi jika terbatas, anda cukup membeli satu sofa besar saja dan karpet untuk memberi kesan hangat. Jangan lupa membeli lampu untuk membantu membaca buku. Jangan lupa samakan antara perabotan dengan interior yang anda miliki.

Perhatikan Pencahayaan

Selanjutnya hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk renovasi yaitu memperhatikan pencahayaan dalam sebuah ruang baca. Saat anda ingin merubahnya maka lihat apakah ada cahaya masuk atau tidak dari jendela dan luar ruangan. Jika memang ada, maka hal tersebut mengganggu atau tidak jika memfungsikan ruang baca pada siang hari. Lebih baik memang jika ada kaca atau jendela, agar ruangan tidak lembab.

Sedangkan jika memang tidak ada maka anda harus mengatur cahaya dengan baik. Usahakan menggunakan lampu ruangan yang terang, agar semua buku terlihat serta menyiapkan lampu kecil untuk membaca buku. Sehingga tidak terlalu gelap dan bisa digunakan saat malam hari. Pastikan lampu tersebut mendukung ruangan secara keseluruhan.

Perhatikan Ruang Baca

Desain Ruang Baca bagi si Kutu Buku

Selanjutnya hal yang harus dilakukan dengan memperhatikan ruang baca yang digunakan. Jika memang koleksi sangat banyak maka mau tidak mau ruangan tersebut memang harus besar dan luas. Sedangkan jika memang koleksi tidaklah banyak.

Maka ruangan kecilpun tidak ada masalah. Asalkan buku anda tetap rapih dan juga bisa ditata dengan baik. Sebenarnya tidak semua ruang baca harus besar, namun selama bisa masuk kursi dan rak buku hal tersebut sudah lebih dari cukup.

Jika memang ruang baca anda kecil, anda bisa memanfaatkan sudut kamar kemudian menggunakannya untuk rak dan sofa kecil didekat jendela. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk membaca buku sembari sangati dan menikmati.

Menggunakan Warna yang Nyaman

Selanjutnya apabila anda ingin merenovasi sebuah ruang baca agar lebih menarik dan juga lebih nyaman tentu saja menyesuaikan warna dari ruangan tersebut. Umumnya masih banyak orang yang salah dalam memilih warna sehingga mereka hanya memperhatikan estetika ataupun warna kesukaan saja. Padahal tidak boleh sembarangan karena ruang baca harus memiliki suasana yang nyaman.

Warna-warna yang dimaksud misalnya saja warna cat yang netral seperti putih, krem, ataupun coklat muda. Namun jangan menggunakan warna-warna eksentrik yang akan mengganggu kenyamanan anda ketika menggunakan ruang membaca tersebut. Seperti ungu, pink, biru, hijau dan lain sebagainya. Apabila ada yang menghiasi dengan menggunakan wallpaper ataupun hiasan dinding tertentu boleh saja. Asalkan tidak mengganggu fungsi dari ruang membaca tersebut.

Hal yang harus diutamakan dalam ruang baca adalah fungsi dari penggunaan ruangan untuk membaca ataupun belajar. Selain itu adanya penggunaan furniture yang sederhana namun tetap bisa dimaksimalkan. Kalaupun anda ingin menggunakan perabotan atau furniture yang mewah diperbolehkan saja, asal tidak mengganggu penggunaan ruangan secara keseluruhan.

Ruang Baca dengan Bahan Furniture

Bikin Ruang Baca Agar Tidak Terlihat 'Biasa'

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah material furniture yang digunakan dalam ruang baca tersebut material sangatlah penting untuk membantu, agar perabotan anda bisa bertahan dengan lama dan juga cukup awet. Apalagi umumnya furniture di ruang baja memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga cukup sulit jika memang harus diganti ataupun mengalami kerusakan apabila anda ingin produk yang awet.

Maka bisa menggunakan furniture dengan berbahan kayu seperti jati atau mahoni, namun harus sering anda bersihkan agar terlepas dari adanya jamur dan juga bakteri serta rayap. Tetapi jika memang anda ingin menggunakan rak buku yang bisa bertahan dengan lama dan tidak mengalami kerusakan. Maka anda bisa memanfaatkan kaca dan juga plastik. Tetapi penampilannya mungkin kurang bagus dibandingkan dengan material berbahan kayu ataupun besi.

Jika memang anda menyukai gaya klasik, maka pilihlah furniture yang berbau kayu mulai dari kursi atau sofa hingga rak bukunya. Tetapi jika anda menggunakan tema modern anda bisa menggunakan rak buku biasa disertai dengan sofa sofa nyaman.

Ruang Baca Gaya Perpustakaan

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan apabila anda memutuskan untuk mengubah ruang yang dimiliki. Maka anda harus memiliki gaya perpustakaan yang bisa diaplikasikan langsung di rumah. Gaya perpustakaan ini sangatlah penting terutama bagi anda yang memiliki koleksi buku sangat banyak.

Misalnya saja anda merapikan buku sesuai dengan novel fiksi dan juga non fiksi selain itu anda juga meletakkan buku-buku anak di bagian bawah, sehingga anak-anak bisa lebih mudah dalam menggapai nya. Selain itu cara perpustakaan yang bisa anda lakukan yaitu menyusun buku berdasarkan abjad atau memberikan nomor buku sehingga menjadi lebih mudah ketika mencarinya.

Hal ini juga bisa dilakukan apabila anda memang sangat senang dengan tampilan buku yang estetik. Ruangan disusun berdasarkan warna dari buku tersebut, hal ini bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dan saja dengan adanya gaya perpustakaan ini. Maka menjadi lebih teratur dan lebih rapi.

Ruang Baca dengan Menambahkan Perabotan Khusus

Terakhir hal yang harus dilakukan apabila ingin merenovasi sebuah ruangan untuk membaca. Dengan memastikan, bahwa anda sudah menambahkan beberapa aksesoris tambahan dan juga kebutuhan sesuai dengan masing-masing orang.

Misalnya saja beberapa orang seringkali membutuhkan adanya tambahan alat musik untuk membantu mendengarkan musik sembari membaca. Selain itu ada juga yang menambahkan tempat untuk minum agar lebih mudah mengaksesnya, ketika sedang menikmati berbagai bacaan di ruangan tersebut.

Tambahan ini tentu saja bisa membantu anda untuk memaksimalkan penggunaan ruang baca tanpa perlu repot untuk menambahkan ruangan lainnya. Pastikan aksesoris atau tambahan tersebut tidak memakan tempat, sehingga anda tetap bisa menikmati ruangan dengan nyaman.