9 Tips Membuat Garasi Rumah Minimalis Di Lahan Sempit

Bagi sebagian besar pemilik rumah, terkadang kendaraan pribadi menjadi kebutuhan utama. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, memiliki kendaraan sangat mendukung mobilitas mereka yang tinggi. Namun tantangan terbesar dari memiliki mobil sebenarnya adalah menyiapkan tempat untuk menyimpannya. Terbatasnya lahan pemukiman tak jarang membuat pemilik rumah mengalami kesulitan saat membuat garasi. Alhasil membuat garasi hanya didesain begitu saja tanpa mempertimbangkan banyak hal. Padahal garasi rumah juga menjadi elemen yang penting dalam desain eksterior rumah. Jika anda juga mengalami kondisi seperti ini, anda bisa mencontoh tips dibawah ini untuk membuat garasi minimalis di lahan yang sempit.

1. Sesuaikan Lahan Dengan Jenis Mobil

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/01/Untitled-13.jpg

Seberapa besar lahan garasi yang akan anda buat, ini akan sangat ditentukan dari jenis mobil yang andan miliki. Sehingga sebelum akan membangun garasi rumah sederhana, sebaiknya perhatikan seberapa luas lahan kosong yang anda miliki terlebih dahulu. Luas lahan menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan kenyamanan sebuah garasi. Jika anda memiliki mobil berjenis city car, maka ukuran  yang direkomendasikan adalah 2,4 x 4,8 meter. Sedangkan jika mobil yang anda miliki berukuran lebih besar, disarankan untuk membuat dengan ukuran 3 x 6 meter.

Sebenarnya bukan hanya jenis mobil saja yang dapat menentukan besarnya ukuran garasi. Namun jumlah mobil yang anda miliki pun juga berpengaruh. Jika anda memiliki mobil lebih dari 1, maka akan lebih baik untuk membuat yang ukurannya lebih besar dari rekomendasi ukuran diatas. Pastikan garasi yang akan anda bangun tidak membuat kesulitan saat akan memasukkan ataupun mengeluarkan mobil.

2. Terapkan Desain Garasi Rumah Semi Terbuka

Desain Garasi Rumah Semi Terbuka

Desain yang akan digunakan juga sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kondisinya lahan yang anda gunakan terbatas seperti ini. Desain garasi rumah minimalis yang mungkin bisa anda terapkan adalah desain semi terbuka atau tanpa pintu.  Di bagian sisi samping dan belakang, bisa anda tempatkan sekat yang dapat melindungi kendaraan dari ketiga sisi. Namun untuk bagian di pintu masuk tidak perlu ditempatkan pintu atau rolling door. Desain seperti ini memang sangat cocok ditempatkan jika anda hanya memiliki lahan sempit untuk garasi. Model seperti ini pun juga akan membuat anda lebih praktis dan cepat ketika mengeluarkan mobil ataupun saat ingin memarkirkan kembali. Untuk kesan yang lebih modern, anda bisa menggunakan sekat pada ketiga sisi garasi menggunakan cat berwarna netral seperti putih, hitam, atau menggunakan batu alam sebagai hiasan dinding. .

3. Menggunakan Kanopi Galvalum Di Garasi Rumah

Trik lainnya yang bisa anda coba untuk memaksimalkan desain garasi rumah adalah dengan menggunakan kanopi galvalum. Konsep rumah minimalis memang menuntut pemilik rumah untuk bisa lebih kreatif dalam memaksimalkan lahan yang sempit. Tak perlu repot untuk membangun ataupun merenovasi ruangan baru sebagai tempat menyimpan mobil. Anda bisa menggunakan halaman depan rumah anda sebagai tempat parkir. Setidaknya kendaraan anda bisa masuk ke area rumah dan tidak menggunakan bahu jalan umum. Selain itu anda pun juga bisa menggunakan naungan atau kanopi dari material galvalum untuk melindungi mobil dari panas atau hujan. Material galvalum ini sudah banyak ditemukan di pasaran dan banyak keunggulan yang didapatkan yaitu kuat, ringan, tahan lama, tahan terhadap cuaca, serta harganya yang lumayan terjangkau.

4. Memakai Kaca Stiker/Sandblast

Model Garasi Rumah

Tidak hanya mengggunakan galvalium, anda juga dapat menggunakan sandblast atau kaca stiker untuk garasi. Umumnya kaca sandblast (kaca stiker) digunakan menghalau pemandangan dalam ruangan sehingga membuat efek kaca yang nampak buram. Dan demi keamanan garasi kendaraan, penggunaan sandblast ini tentunya sangat membantu. Lapisan kaca stiker ini lebih tahan terhadap benturan serta mudah dari segi perawatan/pembersihan. Bukan hanya itu saja, dari segi estetika pun penggunaan sandblast ini pun juga mendukung desain garasi sederhana minimalis.

5. Desain Garasi Minimalis Dengan Pagar Kayu

Untuk membuat kesan garasi rumah mewah dan elegan, anda bisa menambah elemen pagar kayu untuk desain garasi anda. Ini akan membuat tampilannya terlihat lebih etnik dan elegan. Pagar garasi kayu dapat dibuat model lipatan maupun digeser sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa memadukannya dengan nuansa warna yang senada sesuai dengan fasad rumah. Sehingga desain lingkungan rumah anda jadi tampak lebih menyatu.

6. Selaraskan Kontur Tanah Garasi Rumah

Selaraskan Kontur Tanah Garasi Rumah

Mungkin ini bisa jadi tips terbaik jika lahan hunian yang anda tempati berlokasi di tempat yang berkontur atau bertingkat. Anda bisa menerapkan trik pintar ini. Agar garasi yang anda buat tetap fungsional, sebisa mungkin mengusahkan desainnya tetap selaras dan sesuai konsep keseluruhan rumah. Misalnya saja anda bisa memadukan beberapa unsur yang sama seperti eksterior rumah, apakah itu menambahkan unsur besi, beton, ataupun kayu.

7. Jangan Lupa Rancang Drainase

Konsep garasi apapun yang anda gunakan, perancangan drainase untuk garasi sangatlah perlu diperhatikan. Apalagi jika konsep yang anda bangun adalah desain carport semi terbuka. Talang air yang digunakan untuk wadah air hujan pada bagian atap harus dirancang dengan matang. Jika desain atap datar, maka tidak membutuhkan talang. Akan tetapi kemiringan  serta arah jatuh air juga harus dirancang sehingga nantinya tidak sampai menggenangi lantai teras dan carport.

Sistem drainase sangat penting untuk diperhatikan sehingga menghindari resiko air hujan yang bisa turun dan menggenangi lantai teras. Jika air terus mengalir dan menyebabkan genangan, nantinya dapat membuat konstruksi bangunan jadi cepat rusak. Untuk ukuran kemiringan yang digunakan idealnya adalah 1-2 derajat. Setiap 1 meter panjang lantai, maka dibuat permukaan lantainya turun 1 cm untuk saluran pembuangan air.

8. Maksimalkan Space Dengan Lemari atau Kabinet Dinding

Untuk semakin memaksimalkan lahan sempit yang anda sulap jadi garasi tersebut, anda perlu menjaga agar barang-barang yang tersimpan di dalamnya terorganisir dan rapi. Anda bisa membangun sebuah lemari penyimpanan untuk tempat berbagai peralatan otomotif sekaligus dapat menjadi gudang ekstra. Lemari atau kabinet ini dapat ditempelkan pada bagian dinding hingga ke bagian atas tepi langit-langit. Sehingga seetiap space yang ada di garasi bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan agar barang lebih teratur.

9. Menggunakan Ruang Bawah Tanah? Tak Ada Salahnya

Anda benar-benar tidak memiliki lahan yang bisa digunakan untuk garasi kendaraan-kendaraan anda? mengapa tidak mencoba membuat desain garasi bawah tanah. Keterbatasan lahan hunian saat ini memang harus membuat pemilik rumah lebih berpikir kreatif agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi jika anda memang ingin mengamankan mobil di dalam garasi. Desain garasi yang ada di ruang bawah tanah seperti ini memang sangat aman. Anda dapat menggunakan pintu yang berdesain sliding ke atas otomatis misalnya, sehingga kapan saja anda ingin mengeluarkan atau memasukkan mobil. Maka pintu tersebut akan terbuka ataupun tertutup otomatis yang tentu saja akan memudahkan. Namun perlu diingat, pembuatan desain seperti ini pastinya akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Beberapa tips dan trik diatas akan sangat membantu memaksimalkan pembuatan garasi rumah di lahan yang terbatas. Semoga tips diatas bisa membantu anda mewujudkan garasi yang seperti anda idamkan.