Inspirasi Taman Mungil Nan Cantik Di Rumah Minimalis

Rumah minimalis kini menjadi konsep rumah yang banyak dipilih, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Tak terlalu membutuhan lahan yang besar serta tidak banyak furniture yang menghiasi di dalamnya. Inilah yang menjadi ciri utama dari sebuah rumah minimalis. Namun terkadang, rumah yang mungil terasa begitu sesak. Tentunya pemilik rumah menginginkan agar suasana lebih hidup dan segar agar bisa nyaman tinggal di rumah. Kalau begitu, mengapa tak mencoba membuat taman mungil nan cantik di rumah anda. Keberadaannya tentu akan membuat suasana jadi lebih segar dan sejuk, sehingga membuat kadar stress berkurang saat di rumah. Namun sulit rasanya untuk membuat taman pada rumah yang berlahan sempit. jika anda ingin membangun taman cantik di rumah minimalis, inspirasi taman minimalis ini mungkin bisa dicoba.

Konsep Inspiras Taman Minimalis

Seperti halnya dengan konsep rumah minimalis, taman minimalis pun juga memiliki konsep yang sama. Yang artinya, inspirasi taman minimalis lebih menonjolkan kesederhanaan serta menunjukkan keindahan meskipun hanya dari sedikit tanaman saja. Lahan yang sempit memang tidak sebaiknya dipenuhi dengan banyak tanaman. Yang ada ini akan membuat tidak rapi dan sesak, sama sekali tidak memancarkan keindahan. Namun bukan berarti pula jika konsep taman minimalis hanya dihias dengan 1 atau 2 tanaman saja. Memiliki banyak tanaman dalam taman minimalis tak masalah asal masih terlihat harmonis dan proporsional.

Karena itu, dalam pembuatan taman minimalis yang penting untuk diperhatikan adalah ukuran atau dimensi tanaman yang akan ditempatkan di dalamnya. Misalnya saja jika anda ingin membuat taman yang ukurannya hanya sejengkal lahan saja. Dibandingkan meletakkan berbagai tanaman akan lebih baik jika hanya menempatkan 2 pohon bonsai dan tanaman-tanaman perdu. Pohon bonsai disini bisa dijadikan tiitk fokus. Sedangkan tanaman perdu yang berada di sampingnya bisa membuat kesan rimbun pad ataman minimalis anda. anda bisa meletakkan tanaman pedu ini berdekatan, namun ingat tetap perhatikan komposisi warna dari daun maupun bunga jika ada.

Sebisa mungkin hindari kesan ramai dalam taman minimalis, utamakan kesegaraman bentuk daun. Misalnya saja tanaman berdaun panjang bisa dipadukan bersama tanaman bertekstur tipis. Hindari tanaman yang memiliki daun tebal dan lebar. Jenis tanaman ini akan memenuhi area taman saat tumbuh sedikit besar. Tentunya ini tak akan cocok untuk taman mungil anda.

Inspirasi Taman Mungil Dan Minimalis

Jika anda sedang mencari inspirasi taman minimalis yang cantik, mungkin ide-ide desain taman di bawah ini bisa anda contek.

Taman Minimalis Di Jalanan Setapak

Inspirasi taman ini bisa anda terapkan dalam rumah minimalis. Meskipun lahan terbatas, namun bukan berarti jika anda tidak dapat mendekorasi sisa lahan yang anda miliki. Anda bahkan dapat menempatkan jalanan setapak, yang mana menghubungkan antara satu area dengan lainnya. misalnya saja jalanan setapakn yang membelah taman minimalis anda. atau menghubungkan antara 2 tanaman yang mana menjadi titik fokus dari taman tersebyt. Dengan begitu anda bisa menciptakan kesan yang luas dan tidak akan membosankan.

Bahan-bahan untuk membuat jalanan setapak juga beragam, mulai dari potongan kayu, lempengan batu alam, paving grass block, maupun cetakan semen. Anda bisa menempatkan tanaman rerumputan hijau di sela-sela jalanan setapak di rumah anda. apalagi jika anda menggunakan paving grass block, tentunya ini akan sangat membantu. Anda juga bisa menjadikan lahan yang ditutupi paving grass block ini sebagai area bersantai. Sangat menyenangkan bukan?

Taman Vertikal

Ide taman lainnya yang bisa diterapkan dalam lahan yang terbatas adalah taman berbentuk vertikal. Seperti penjelasan sebelumnya, saat memiliki lahan tebatas maka anda harus kreatif dalam memanfaatkan yang ada. Anda bisa memanfaatkan dinding sebagai lahan membuat taman vertikal. Kemudian tambahkan kursi dan meja sehingga lahan mungil tersebut memiliki fungsi ganda, tak hanya sebagai taman namun juga ruang santai.

Untuk membuat taman vertikal seperti ini sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama anda perlu menyediakan besi atau kayu penyangga. Jangan lupa pula pot-pot kecil yang berisikan tanaman hijau. Setelah pot-pot tersebut telah siap, anda dapat menggantungkannya pada penyangga sudah disiapkan sebelumnya. Tata pot tersebut ke arah vertikal sehingga menciptakan kesan yang cenderung keatas. Saat tanaman-tanaman tersebut mulai tumbuh, nantinya rongga pada penyangga akan tertutupi dan menciptakan taman hijau cantik di dinding. Agar terlihat asri dan lebat, pilih jenis tanaman hijau dengan daun yang tumbuhnya memanjang.

Pot Gantung Depan Rumah

Benar-benar tak memiliki banyak lahan kosong di rumah anda? mengapa tak mencoba membuat inspirasi taman rumah yang satu ini. anda bisa menggantungkan pot-pot tanaman di area depan rumah. dengan begitu saja, anda sudah menciptakan taman yang simple dan cantik di rumah anda. pilih pot yang ukurannya kecil dan gunakan rantai besi untuk penggantungnya. Sehingga pot-pot tersebut tak mudah jatuh atau bahkan melukai orang yang berlalu lalang. Jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan pada pot gantung tersebut bisa menggunakan tanaman bunga ataupun tanaman herbal.

Taman Luas Di Dalam Rumah

Tak ada salahnya untuk membuat taman di dalam rumah. meskipun rumah anda berukuran mungil, bukan berarti hal tersebut tak bisa terciptakan. Jika memang dari awal anda ingin membangun taman di dalam rumah. sisakan space kosong di tengah-tengah rumah. taman minimais ini dapat menjadi titik utama di rumah anda. bahkan bisa ditambahkan kursi atau bantal empuk untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Selain itu taman di dalam rumah tentunya akan membuat udara di dalam rumah segar dan sehat. Yang mana baik untuk anggota keluarga yang tinggal di dalamnya.

Inspirasi Taman Depan Area Pintu Masuk

Anda bisa membuat inspirasi taman depan rumah ini jika memang tak punya lahan lebih. Area pintu masuk dapat dijadikan sebagai taman yang mempercantik rumah. Caranya pun cukup sederhana, letakkan saja sejumlah pot kecil yang berisikan tanaman dengan bentuk beragam. Susun pot-pot tanaman tersebut dengan rapi di sekitaran area pintu masuk. Namun jangan sampai menghalangi lalu lalang orang yang berjalan ke pintu. Jangan lupa pula untuk memangkas tanaman jika dirasa telah lebat sehingga tidak menganggu pemandangan.

Taman Depan Rumah Dengan Kolam

Siapa bilang anda tak bisa memiliki taman dengan kolam di lahan yang sempit. inspirasi taman minimalis ini bisa anda tempatkan di depan rumah. hanya saja penting untuk memperhatikan bagaimana ukurannya. Buat sebuah kolam dengan model air mancur yang bisa diisi air dan teratai. Jika memungkinkan, taka da salahnya untuk membuat sistem pengairan. Sehingga anda bisa memiliki beberapa ikan kecil disini. Setelah kolam terisi, dekorasi sekeliling kolam menggunakan bunga berwarna warni. Jangan lupa meletakkan beberapa bebatuan kecil yang tersebar di sekitar kolam. Sehingga tanah sekitarnya tidak menjadi becek terkena percikan air kolam.

Nah itu tadi beberapa inspirasi taman yang cocok anda terapkan dalam rumah minimalis. Jadi bukan hal yang sulit lagi bukan untuk membuat taman di lahan yang mungil?