Bisnis Properti dengan Peluang Menjanjikan

Bisnis Properti dan Segala Keuntungannya

Bisnis properti bergerak di bidang kepemilikan lahan, rumah, apartemen, dan tanah. Nilai tanah yang terus meningkat menjadikannya salah satu usaha yang menjanjikan. Walaupun Negara sedang dilanda krisis ekonomi, namun nilai dari investasi tetap stabil bahkan meningkat.

Berdasarkan hal ini lah, orang-orang yang berduit lebih gemar untuk menjalankan usaha ini. Entah itu dari kalangan pengusaha, karyawan, bahkan selebriti. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama, namun banyak juga yang menjadikannya pekerjaan sampingan.

Beberapa faktor yang menjadikan usaha ini banyak diminati adalah adalah keuntungan yang didapat. Bayangkan saja, dalam waktu setahun, kenaikan harga lahan bisa mencapai 20% apalagi di lokasi yang strategis bisa mencapai 25%. Misalkan Anda  membeli sebuah rumah seharga 200jt, dalam waktu beberapa tahun saja harganya bisa mencapai 400jt.

Faktor lainnya ialah masih banyak orang Indonesia yang belum memiliki rumah/tempat tinggal. Kebutuhan akan rumah sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki, bukan hanya sekedar pakaian dan makanan. Oleh sebab itu, pembangunan rumah semakin bertambah.

Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk memulai usaha dalam bidang ini harus memiliki modal yang besar. Padahal jika tau triknya, hal ini dapat dimulai dengan modal minim. Triknya adalah bermitra dengan pemilik rumah/tanah, lalu gunakan sistem bagi hasil.

Usaha ini juga minim akan kerugian dibandingkan dengan usaha yang lain. Selain menjalankan usaha, rumah atau lahan bisa dijadikan investasi di masa yang akan datang. Misalkan Anda mengalami kebangkrutan, maka lahan bisa dimanfaatkan untuk dijual lagi.

Sudah menjadi rahasia umum yang diketaui orang banyak bahwa setiap tahun harga lahan atau rumah akan meningkat. Jika sepetak tanah/rumah dijual lagi maka harganya tidak akan jatuh. Hal ini disebabkan karena kebutuhan konsumen yang akan terus meningkat sehingga harganya semakin mahal.

Selama menjalani usaha di bidang ini dibutuhkan kemampuan untuk untuk negosiasi. Negosiasi dilakukan dengan calon pembeli dan juga pemilik lahan yang dijual. Dan yang tidak kalah penting adalah keinginan yang keras untuk maju.

Bisnis Properti Merupakan Peluang yang Besar

Peluang bisnis ini biasanya digeluti oleh seseorang yang berprofesi sebagai makelar (perantara), agen (broker) independen atau perusahaan dan developer (pengembang). Makelar biasanya menerapkan sistem komisi bagi hasil sekitar 2,5% dari harga yang ditawarkan. Modal untuk menjadi perantara cukup minim yaitu pulsa untuk menelpon, bensin untuk mengantarkan pembeli melihat lahan.

Broker bisa juga disebut makelar (perantara jual beli) namun bedanya broker bekerja di bawah naungan perusahaan atau secara independen. Selain itu, broker agen umumnya memiliki jumlah properti yang banyak sedangkan broker individu hanya sedikit. Bila broker independen menjual satu maka broker agen bisa menjual lebih.

Kelebihan dari broker agen ialah lebih dipercaya oleh calon pembeli karena berada di bawah naungan perusahaan. Teman satu perusahaan saling membantu dalam jual beli. Memiliki badan hukum yang jelas sehingga segalanya dapat dipertanggungjawabkan.

Kerugiannya adalah tidak dapat mendapatkan komisi seutuhkan karena ada potongan dari perusahaan. Umumnya, perusahaan membuat target penjualan yang harus dipenuhi. Namun hal ini akan berbeda jika anda menjadi broker independen.

Keuntungan bekerja indepeden yaitu waktu lebih fleksibel. Keuntungan didapat penuh tanpa ada potongan. Adapun kerugiannya yaitu kurang dipercaya oleh calon pembeli dan tidak bisa menjamin apapun jika nantinya terjadi masalah.

Yang terakhir adalah profesi developer, biasanya yang dikembangkan adalah perumahan. Umumnya, developer identik dengan perumahan yang besar dan ternama. Namun sekarang sudah banyak developer yang berani mengembangkan perumahan kecil-kecilan.

Untuk menjadi seorang developer yang handal, hal utama yang harus dilakukan adalah mencari lahan yang bisa dibangun untuk menjadi perumahan. Setelah mendapatkan lahan yang cocok, jangan lupa untuk memeriksa legalitasnya mulai dari sertifikat dan lainnya. Kemudian, jangan lupa untuk membuat rencana dalam melakukan pembangunan mulai dari gambar jalan, site plan, time plan hingga pelaksanaan.

Kiat Suskses Dalam Berbisnis Properti

Kesuksesan menajalankan usaha tidak bisa didapat secara instan. Bukan berarti sulit namun masih banyak jalan menuju roma. Supaya Anda bisa menjadi pengusaha sukses, pertimbangkanlah tips berikut.

Pertama, ulet dan tekun. Persaingan antar pengusaha semakin ketat, pintu usaha terbuka lebar bagi siapa saja yang mau menjalankannya. Tanpa ketekunan dan keuletan, pengusaha bisa cepat menyerah bahkan sebelum bisa mencapai penjualannya. Berbagai karakter tersebut sangat penting terutama pada saat masih dalam tahap di bisnis properti pemula.

Kedua, memahami dunia properti. Seorang agen harus memahami seluk beluk tanah atau rumah yang akan dijual, ada baiknya juga jika agen memahami tentang KPR. Hal ini akan menjadi nilai plus dan menambah sisi profesionalitas sebagai agen.

Ketiga, menjalin relasi sebanyak-banyaknya. Bangunlah relasi dengan teman dan orang baru terutama yang bergerak di bidang jual beli tanah. Bangunlah sikap yang ramah kepada setiap orang agar lebih banyak teman.

Sebagai seorang pengusaha yang baru terjun dalam bisnis ini tentunya memiliki pengalaman yang sedikit. Sebaiknya Anda menjalin relasi dengan seorang yang profesional di bidang ini. Bekerja sama dengan relasi yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama akan terasa menyenangkan.

Keempat, memanfaatkan media sosial misalkan facebok, situl jual beli (blibli, olx, dll). Buatlah iklan supaya apa yang Anda jual diketahui banyak orang, semakin aktif maka peluang untuk menjual lahan juga semakin baik. Koran atau majalah juga bisa dimanfaatkan untuk memasang iklan.

Kelima, untuk meningkatkan profesionalitas pengusaha, maka istilah-istilah dalam bidang ini harus dikuasai, misalkan buyer/investor yaitu orang yang membeli sebuah lahan. Capital gain yaitu keuntungan dari hasil penjualan lahan. Earlybid yaitu pembelian suatu lahan saat baru launching.

Keenam, penentuan sasaran menjadi salah satu hal yang penting. Misalkan, seseorang yang membutuhkan rumah untuk pertama kali akan memiliki karakter berbeda dengan yang membeli rumah untuk kesekian kalinya. Jadi, cobalah melihat sekiranya mana yang lebih tepat jadi sasaran.

Kelengkapan Legalitas Bisnis Properti

Developer juga harus memperhatikan tentang perizinan yang harus dilengkapi. Contoh perizinan yang harus dilengkapi adalah izin mendirikan bangunan rumah (IMB) dan lainnya. Setelah developer melengkapi semua barulah perumahan bisa dibangun. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlu belajar bisnis properti agar bisa sukses dibidang tersebut.

Menjadi pengusaha jual beli tanah/rumah tidaklah sulit. Selama Anda bersungguh-sungguh dan tekun dalam menjalankan. Maka kesuksesan yang diharapkan selama ini akan tercapai. Bisnis properti modal kecil pun bisa dimiliki jika dapat menguasai berbagai kiat-kiat tersebut.

Intinya, Anda tidak boleh menyerah ketika bicara soal properti karena memang arus laku tidaknya sangat variatif. Bukan hanya itu, properti juga cukup sulit dan butuh waktu lama untuk laku di pasaran. Sehingga yang perlu dilakukan adalah terus memaksimalkan usaha untuk memperoleh hasilnya.