8 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dan Modern

Setiap orang pasti ingin memiliki hunian rumah pribadi yang nyaman. Entah itu dipengaruhi faktor lingkungan rumah yang sejuk maupun desain rumah yang unik. Ketahuilah, untuk memiliki lingkungan rumah yang nyaman harus pandai dalam mengotak-atik denah rumah mulai dari peletakan ruangan yang cocok sampai penentuan lokasi taman yang pas. Masalahnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendesain rumah sesuai keinginannya. Apalagi, untuk mendapatkan interior rumah yang menarik harus dilakukan oleh ahlinya alias tidak sembarang orang. Yang pasti, harus berani mengeluarkan budget lebih!

Lalu, bagaimana cara mendapatkan hunian rumah minimalis yang simpel namun tetap kekinian tanpa perlu merogoh banyak kocek? Yuk simak 8 inspirasi desain denah rumah berikut ini!

Desain Rumah dengan Denah Minimalis nan Mungil

Jika Anda ingin inspirasi desain rumah yang unik dan kreatif, simaklah ulasan berikut ini. Salah satunya ide denah rumah minimalis untuk Anda yang memiliki luas lahan yang terbatas. Ya, lahan yang sempit bukan lagi penghalang bagi Anda untuk bisa memiliki hunian yang nyaman dan menarik. Yang terpenting dalam penentuan denah rumah minimalis ini harus diperhatikan bagaimana ventilasi atau sirkulasi udaranya tiap ruangan dalam rumah. Hal ini penting supaya udara dalam rumah tidak lembab ataupun kering pada musim tertentu.

Selain ventilasi, penentuan denah rumah minimalis diatas lahan yang sempit harus memerhatikan pencahayaannya. Jangan sampai karena salah perkiraan, beberapa ruangan dalam rumah jadi terlihat gelap, baik dipagi hari ataupun sore hari. Terutama pada ruang-ruang utama seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Untuk pilihan desain rumah ini, disarankan tetap membangun taman dihalaman rumah supaya memberikan kesan sejuk dan hijau.

Desain Rumah Minimalis Berkonsep Peristirahatan

Sekilas, desain rumah ini memang memerlukan luas lahan yang cukup luas. Pasalnya, konsep peristirahatan pada rumah minimalis ini harus tersedia beberapa bagian penting berupa kolam renang, balkon, dan taman yang asri. Selain itu, penataan furnitur tiap ruangan harus didesain sedemikian rupa supaya memberikan kesan seperti di tempat peristirahatan. Ketahuilah, meski sebagian besar ruangan ini didesain semi outdoor, pastikan untuk memperhatikan konsep ruang tidurmu. Usahakan pemilihan dekorasinya tidak menyebabkan penghuni jadi merasa lelah saat waktunya terlelap.

Desain Rumah Minimalis Keluarga Kecil yang Ramah Lingkungan

Ide rumah impian minimalis impian bukan berarti harus terkesan mewah dan luas. Yang terpenting, usahakan sang penghuni nyaman berada dalam rumah dan semua kebutuhannya terpenuhi. Misalnya bagi pasangan suami istri yang telah dikarunia seorang anak. Pastilah orang tua ingin anaknya tumbuh kembang dengan optimal. Apalagi lokasi rumahnya yang berada di perkotaan dan dikelilingi dengan jalan raya. Nah, supaya keamanan anak terjaga, desain rumah minimalis dengan lingkungan ramah jadi pilihan tiap keluarga.

Desain rumah ini bisa diterapkan baik di atas lahan yang luas maupin sempit. Kemudian, luas bangunan dibuat tidak terlalu luas. Misalnya saja separuh dari luas total lahan tanah. Baru, sebagian lahan tersebut dijadikan taman khusus untuk bermain anak. Jangan lupa untuk menanami taman tersebut dengan bunga ataupun pohon yang berbuah supaya lebih rindang dan sejuk untuk bermain anak.

Inspirasi Desain Rumah Landscape Park

Jika ingin suasana rumah yang asri dan hijau, Anda bisa gunakan ide desain rumah ini. Yaitu denah rumah dengan lanscape park di beberapa sudut tertentu. Jadi, baik halaman rumah depan dengan belakang dibuat mini park dengan ditanami tumbuhan tertentu. Bisa juga membangun taman ini di tengah denah rumah sebagai inner court yang memberikan suasana lebih hidup dan sejuk dalam hunian. Biar lebih terpadu, pastikan taman di luar ruangan Anda punya keseimbangan yang baik denga tiap ruangan dalam rumah. Selain taman, suasana hijau di kamar tertentu bisa ditambahkan dengan pot bunga. Misalnya di sudut ruang keluarga.

Denah Rumah Minimalis dengan Pembagian Zonasi

Terkadang ada yang merasa berada di rumah, namun tidak pernah menemukan kenyamanan. Hal ini lantaran kesalahan penempatan ruang tidur yang bersebelahan dengan ruang tamu. Jadi, waktu istirahat Anda bisa terganggu sewaktu-waktu ada tamu. Biar tidak terjadi lagi, pastikan saat pembuatan desain rumah hunian Anda, terapkan sistem pembagian zonasi. Artinya, ruang tidur dipisah pada bagian sudut tertentu dari ruang publik dan are service. Jadi, suasana malam hari maupun saat tidur siang bsia lebih syahdu dan damai.

Sedangkan pada sudut hunian lainnya, ruang publik seperti ruang tamu dijadikan satu area dengan ruang service seperti dapur dan ruang keluarga.

Pembagian Zonasi Rumah  Minimalis Lantai 2

Jika pembagian zonasi pada denah rumah sebelumnya belum terasa maksimal dan ingin suasana yang beda, Anda bisa pilih desain rumah ini. Yaitu pembagian zonasi pada rumah minimalis lantai 2. Jadi, Anda bisa gunakan lantai satu untuk ruang-ruang publik seperti ruang tamu dan juga area service berupa dapur dan ruang keluarga. Lalu, pada lantai 2 dijadikan ruang privat berupa tempat tidur. Dijamin, waktu istirahatmu bakalan lebih optimal.

Pembagian Zonasi untuk Rumah Minimalis Lantai 3

Pilihan desain rumah ini cocok bagi Anda yang memiliki lahan terbatas untuk mendapatkan keseluruhan ruang di satu lantai. Anda pun bisa sekaligus menerapkan pembagian zonasi dengan membangun rumah minimalis lantai 3. Jadi, lantai satu untuk area service berupa dapur, lantai 2 untuk ruang keluarga atau publik, dan lantai ketiga dijadikan ruang privat berupa tempat tidur.

Nah, itulah inspirasi denah desain rumah yang minimalis dan modern. Yuk mulai terapkan!